INDO CERIA

ENG | IND

Pabrik Packaging Plastik Berkualitas

Cara Mencari Pabrik Packaging Plastik Berkualitas

Pabrik Packaging Plastik Berkualitas – Jenis kemasan plastik merupakan kemasan yang paling banyak dipergunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Plastik ini adalah sebuah bahan yang memiliki beragam bentuk serta material yang tergolong praktis serta murah.

Melihat hal tersebut tidak mengherankan jika terdapat banyak pengusaha yang bermitra dengan pabrik packaging plastik untuk pilihan berbagai macam produk yang hendak dijual nantinya.

Apa Itu Kemasan Plastik?

Walaupun sudah sering mendengar namun banyak dari kalian yang tidak paham betul mengenai apa itu kemasan dari plastik. Kemasan plastik ini adalah salah satu jenis kemasan yang dipergunakan sebagai alat pembungkus produk untuk nantinya dipasarkan kepada konsumen.

Kemasan dari plastik ini tergolong populer dikarenakan sangat murah, mudah dicari, banyak bentuk dan ukurannya serta dari segi kualitas sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tentunya.

Kelebihan & Kekurangan Kemasan Plastik

Jenis kemasan ini tentunya memiliki beberapa kelebihan yang ditawarkan, adapun beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Tidak mudah bocor sehingga akan sangat cocok digunakan untuk produk minuman ataupun makanan yang berkuah.

  • Kemasan plastik tentunya akan lebih kuat bila dibandingkan dengan kemasan kertas.

  • Bentuknya sangatlah bervariasi sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tidak hanya kelebihan namun jenis kemasan ini juga memiliki kekurangan, adapun kekurangan yang bisa kalian ketahui:

  • Dari sisi kesehatan jika plastik tadi dibakar akan bisa mencemari lingkungan dikarenakan kandungan di dalamnya berupa karsinogenik dan dioksin. Ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi pabrik packaging plastic untuk terus berinovasi menghasilkan produk terbaik.

  • Mikroorganisme tanah akan sulit menguraikan kemasan plastik. Jadi dengan kata lain, meningkatnya penggunaan plastik akan berbanding lurus dengan resiko pencemaran yang terjadi.

Cara Memilih Pabrik Packaging Plastik Berkualitas

Kehadiran perusahaan kemasan plastik ini tentu akan sangat membantu kalian yang memang membutuhkannya. Di Indonesia sendiri, pabrik semacam itu banyak tersedia namun dalam pemilihannya jangan dilakukan sembarangan.

  • Berpengalaman

Saat bekerja sama dengan perusahaan kemasan plastik tentu saja kalian ingin hasil yang berkualitas dan tidak asal-asalan. Maka dari itu cara paling mudahnya bisa memilih perusahaan yang sudah berpengalaman dengan melihat sejak kapan perusahaan itu ada.

  • Quality control

Memang saat memilih perusahaan untuk bermitra kalian tidak bisa menilai secara detail masalah quality controlnya. Maka cara paling mudahnya yaitu kalian lihat sertifikat yang dimiliki, jika perusahaan sudah memiliki sertifikat ISO dan FCSS maka itu bukti bahwa quality controlnya memang berkualitas.

  • Kemampuan produksi masal

Jika kalian ingin mencari perusahaan dengan kemampuan untuk produksi masal yang efisien tentunya kalian harus melihat kemampuan perusahaan dalam hal produksi barang. Cari perusahaan yang bisa membuat sketsa awal hingga ke tahapan penyempurnaan desain produk.

Jangan sampai perusahaan tidak memiliki kemampuan tersebut sehingga produksi masal yang harusnya memakan biaya lebih murah justru sebaliknya dan ini bisa merugikan kalian.

  • Ramah lingkungan

Poin penting lainnya yaitu jangan lupa juga untuk mencari pabrik packaging plastik yang tidak hanya berpengalaman namun juga ramah lingkungan. Ini poin penting yang terkadang sering diabaikan oleh banyak konsumen padahal sangat berguna untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Perusahaan ramah lingkungan tentu saja dalam aktivitasnya akan berusaha untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu contoh paling mudahnya yaitu ada program daur ulang produk lama menjadi produk baru yang bisa dipakai kembali.

  • Produk bervariasi

Perhatikan juga masalah jenis produk yang mampu diproduksi, akan percuma jika jenis produk yang bisa dihasilkan sangat sedikit mengingat kebutuhan akan kemasan plastik kian meningkat dan bervariasi. Maka ada baiknya sebelum bermitra dengan perusahaan tadi perhatikan poin ini.

Baca Juga :